DOWNLOAD PEDOMAN PELAKSANAAN SERTIFIKASI GURU PPG REGULER ATAU PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)

Sebagai informasi untuk semua guru library guru akan berbagi pedoman program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Di samping guru harus berkualifikasi S1 guru harus memiliki sertifikat profesi pendidik yang diperoleh melalui pendidikan profesi. PP No. 74 tahun 2008 Pasal 2 menyatakan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

DOWNLOAD PEDOMAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) LIBRARY GURU
DOWNLOAD PEDOMAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)

Sertifikat Pendidik bagi guru diperoleh melalui program pendidikan profesi yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang memiliki program pengadaan tenaga kependidikan yang terakreditasi. Untuk merealisasikan amanah undang-undang dalam rangka penyiapan guru profesional, maka pemerintah menyiapkan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Program Studi PPG merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S1 Kependidikan dan S1/D IV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan sehingga dapat memperoleh sertifikat pendidik profesional.

Program Studi PPG dapat diselenggarakan dalam bentuk PPG Bersubsidi dan PPG Swadana. PPG Bersubsidi adalah penyelenggaraan PPG yang pembiayaan pendidikannya dibantu oleh pemerintah. PPG Swadana adalah penyelenggaraan PPG yang pembiayaan pendidikannya ditanggung sepenuhnya oleh mahasiswa. Buku Pedoman Penyelenggaraan PPG Reguler dapat didownload atau duinduh  melalui tautan berikut di bawah ini:


Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi telah menerbitkan Buku Panduan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang dipersiapkan pemerintah dalam rangka implementasi program PPG di LPTK. Buku pedoman ini dipergunakan dalam tahap perancangan, pelaksanaan, penilaian hingga evaluasi pelaksanaan program PPG di LPTK.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan kali ini. Semoga saja buku ini dapat dimiliki oleh Bapak dan Ibu yang memang sangat memerlukan.

0 komentar